Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Cimanggis
Puskesmas
  • Puskesmas Cimanggis
2022-05-23 10:32:59

Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji Kecamatan Cimanggis di UPTD Puskesmas Cimanggis

  • Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat  (Puskesmas) Cimanggis melakukan pemeriksaan Kesehatan calon jamaah haji (CJH) tahap kedua, Jumlah jamaah haji yang ada di kecamatan Cimanggis Sebanyak 78 calon jamaah haji yang mengikuti rangkaian tes Kesehatan.
    Proses keberangkatan CJH menuju tanah suci meliputi beberapa tahapan yang harus di lalui, salah satunya terkait dengan pemeriksaan Kesehatan. Pemeriksaan Kesehatan ini memiliki peran penting dalam menentukan layak atau tidaknya CJH untuk melakukan pelunasan biaya haji dan keberangkatan ke tanah suci, selain itu pemeriksaan Kesehatan CJH seperti ini bertujuan untuk memberikan perlindungan Kesehatan CJH selama berada di tanah suci.
    Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis Lina Herliana berkata pihaknya memberikan anjuran kepada CJH untuk rutin melakukan Latihan fisik agar tetap sehat, bugar selama menjalani ibadah haji. Pemeriksaan CJH yang di lakukan di Puskesmas Cimanggis, untuk pelaksanaan tahap kedua berlangsung mulai pada senin (09/05) hingga Jumat (13/05), sedangkan untuk jadwal vaksinasi meningitis (14/05) dan jadwal vaksinasi Influenza (18/05). 
    Lina menuturkan, CJH perlu melakukan vaksin meningitis, hal ini dilakukan agar CJH mempunyai kekebalan terhadap virus meningitis karena negara-negara di Kawasan Arab dan Timur Tengah merupakan daerah endemis virus meningitis oleh karena itu CJH asal Indonesia harus diberikan imunisasi agaPPr kebal terhadap penyakit meningitis agar virus tidak dapat menular saat CJH melaksanakan ibadah. (PP)
Download File