Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Cimanggis
Puskesmas
  • Puskesmas Cimanggis
  • Umum
2020-11-05 16:08:13

PERUBAHAN PRILAKU MEMASUKI ADAPTASI KEBIASAAN BARU

  • Untuk menekan penyebaran Virus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cimanggis Lina Herliana melakukan Sosialisasi Perubahan Prilaku Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru lintas sektor di Kecamatan Cimanggis. Lina berkata "Strategi pencegahan Covid-19 difokuskan pada peningkatan kepatuhan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Setiap Orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku kepatuhan 3M sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19".

    Lina berkata pada sosialisasi ini "Perubahan prilaku dimulai dari diri kita sendiri, saat ini kita harus tau siapa diri kita, siapa musuh kita, dan seperti apa medan perang kita. Jika kita mengetahui siapa diri kita mulai dari usia kita apakah kita memiliki penyakit komorbit, apakah kita masuk golongan rentan dengan penularan dengan kita mengetahui siapa diri kita maka kita akan lebih mudah untuk melakukan perubahan prilaku. Yang kedua kenali musuh kita, saat ini musuh kita adalah virus Covid-19 apa sih kelemahan nya virus ini adalah material kecil yang dibungkus oleh protein dan lemak dan sabun dapat melunturkan virus ini sehingga kita bisa melakukan perubahan prilaku dengan rajin mencuci tangan. Ketiga adalah kenali medan perang dengan kita, lihat saat ini kita berada di zona apa  hijau, kuning, atau merah dengan seperti itu kita bisa melakukan perubahan dengan menjaga jarak. 

    "Dengan sadar siapa diri kita maka kita akan lebih mudah merubah kondisi lingkungan karena kita tidak bisa merubah orang lain tanpa melakuakan perubahan dari diri kita sendiri. saat ini Kecamatan Cimanggis berada di  zona kuning harapan kedepannya semua komponen masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam melakukan perubahan prilaku agar kita sama-sama menekan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kecamatan cimanggis."Tutur Lina saat memberikan sosialisasi GEMA 3M Kamis (5/11/2020. (penulis: pipitprautami)


Download File