Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Cimanggis
Puskesmas
  • Puskesmas Cimanggis
  • Umum
2020-11-05 11:25:22

GEMA 3M LAWAN COVID-19 PUSKESMAS CIMANGGIS

  • Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat kesehatan masyakat (Puskesmas) Cimanggis melaksanakan pelayanan promotif kesehatan dalam rangka gerakan bersama (GEMA) lawan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Petugas promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Cimanggis Putri Wulandari mengatakan, "Bersama kita lawan Covid-19 dengan 3 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak". Kegiatan Gema 3 M dilakukan selama 3 hari berturut-turut mulai hari selasa 3 November 2020 sampai dengan 5 November 2020 sosialisasi dilaksanakan di setiap tingkatan RW bersama oleh Satuan Tugas (SATGAS) Penangan Covid-19.

    "GEMA 3 M  merupakan sebuah aktivitas penyuluhan/sosialisasi untuk mencegah penularan Covid-19 yang dilaksanakan bersama-sama secara sistematis, terencana, terukur, meluas, berkelanjutan oleh semua komponen dengan kesadara, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat",  tutur putri saat memberikan sosialisasi GEMA 3M Rabu (4/11/2020) kemarin di lingkungan RW 11 Kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis.

    Dikatakan Putri dalam sosialisasi  ini, Tujuan GEMA 3M adalah meningkatkan kepedulian dan kepatuhan masyarakat terhadap 3M di antaranya 1.) Memakai masker, dengan memakai masker sama saja melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain karena masker mencegah masuknya drpolet yang keluar saat kita batuk/bersin/berbicara sehingga kita tidak tertular. 2.) Mencuci tangan dengan sabun, karena Covid-19 merupakan material kecil yang dibungkus oleh protein dan lemak. Sabun dapat melunturkannya sehingga virus ancur dan mati. Bila tidak ada air dan sabun cuci tangan bisa menggunakan hand sanitizer. 3.)  Menjaga Jarak, mengapa menjaga jarak itu penting? karena droplet, aerosol (uap air) yang keluar saat kita berbicara/batuk/bersin, jika tanpa menggunkan masker bisa meluncur sampai 2 meter, dengan menjaga jarak kita bisa mengurangi risiko tertular dan menulari. (penulis: pipitprautami)

Download File